Toko Pasutri

2/28/2013

Gatal-gatal di Sekitar Kemaluan, Bisakah karena Alergi?


Gejala paling khas dari reaksi alergi adalah rasa gatal pada kulit. Lantas bila yang gatal di bagian kemaluan, bisakah juga disebabkan karena alergi?

"Alergi juga bisa memicu gatal-gatal. Kalau kasusnya karena alergi sperma ada, tapi sangat jarang dan si wanitanya tidak bisa hamil," ujar dr Dani Djuanda Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang berpraktik di RS Mitra Keluarga, saat dihubungi detikHealth.

Pendapat yang sama juga disampaikan dr Wresti Indriatmi, M.Epid, SpKK(K) dari Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI-RSCM. Menurutnya, alergi juga bisa menyebabkan gatal-gatal di kelamin.

Bila gatal di daerah kelamin terjadi pada anak-anak, penyebabnya biasanya karena alergi popok yang digunakan. Sedangkan pada orang dewasa, gatal kemaluan bisa karena alergi pada pembalut yang biasa digunakan.

"Karena nggak tahu dirinya alergi dengan kandungan bahan yang ada di dalam pembalut," lanjut dr Wresti, yang juga praktik RS PGI Cikini dan RS Rawamangun.

Sedangkan untuk alergi celana dalam, menurut dr Wresti jarang terjadi. Tapi paling sering karena celana dalam yang digunakan tidak menyerap keringat sehingga menyebabkan gatal.

"Alergi karena sperma bisa memicu gatal-gatal, tapi kasusnya langka. Kalau ada bisa diatasi dengan memakai kondom saat berhubungan seksual," jelas Dr Putu Laksmi Anggari Putri Duarsa SpKK, dokter kulit dari RS Sanglah Denpasar.

Menurut Dr Laksmi, yang banyak dijumpainya adalah karena kasus alergi lateks, bahan pembuat kondom atau bahan pembalut. Dr Laksmi menegaskan, bila gatal-gatal pada kemaluan terjadi karena alergi, maka obatnya adalah antihistamin, bukan antibiotik. Sumber.

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT INI:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kelamin News. Info Seputar Ibu Hamil, Anak, Bayi dan Balita...